x

Dinas Perhubungan Kota Blitar, Bahas Pengaman Pengganti di Perlintasan Kereta Api Jl Nias

Blitar Kota - Pasca PT. KAI melepas palang perlintasan kereta api di Jl. Nias, Dinas Perhubungan Kota Blitar kini tengah mempersiapkan pengaman pengganti di perlintasan tersebut. Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Blita, Priyo Suhartono.

Priyo mengatakan terdapat dua alternatif pengaman pengganti di perlintasan Jl. Nias. Saat ini masih dalam proses pembahasan dengan pimpinan daerah dan pihak terkait. Priyo menyebut dua alternatif pengaman pengganti yang tengah disiapkan, berupa pemasangan palang perlintasan dan pengaturan lalu lintas di lokasi dengan sistem zig-zag. Kendaran roda dua dan empat dapat melintas secara bergantian.

“Palang perlintasan itu harus lengkap dengan alat early warning system (EWS). Nah untuk memenuhi itu dibutuhkan anggaran yang cukup tinggi. Untuk EWS saja itu sekitar Rp 500 juta. Palang perlintasan antara Rp 700 juta sampai Rp 800 juta,” kata Priyo.

Sambil menunggu pemasangan pengaman pengganti, saat ini Dinas Perhubungan memasang papan pemberitahuan agar masyarakat lebih hati-hati saat melintas di lokasi. (Kir)

Share icon